SKYPE

Dalam hidup ini komunikasi adalah suatu hal yang tak bisa digantikan,  dan mungkin adalah sebuah kemustihalan ada sebuah kehidupan tanpa komunikasi. Komunikasi telah berkembang dengan begitu pesat, hari ini semua orang bisa berkomuniksi tnpa ada batasan waktu dan jarak.

  1. Menurut Laswell komunikasi memiliki beberapa komponen yaitu :
  2. Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain
  3. Pesan (message) adalah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain.
  4. Saluran (channel) adalah media dimana pesan disampaikan kepada komunikan. dalam komunikasi antar-pribadi (tatap muka) saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara.
  5. Penerima atau komunikate (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain
  6. Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.
  7. Aturan yang disepakati para pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akan dijalankan (“Protokol”

Disini saya akan membahas no 4 yaitu media yang digunakan untuk komunikasi. Seiring berkembangnya teknologi semakin banyak pula perangkat yang digunakan untuk berkominikasi salah satunya adalah SKYPE.

Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia.  Aplikasi skype ini memungkinkan anda berinteraksi antar sesama pengguna dari suatu wilayah atau negara yang berbeda dengan lebih cepat dan tepat. Selain aplikasi ini dapat mengirimkan teks, gambar, suara dan video secara bersamaan, anda juga dapat melakukan percakapan dengan face to face antara sesama pengguna dengan menggunakan fitur webcam pada komputer ataupun laptop.
Penggunaan Voip (voice over IP) meningkat pesat dari tahun ke tahun. Hal ini diduga bahwa pada akhir tahun 2009 akan ada 256 juta pengguna di seluruh dunia VOIP. VOIP kelebihan dalam hal skala, biaya, dan kemudahan penggunaan sekarang umumnya disepakati. Popularitas VOIP meningkat sejak akhir milenium dan gratis VOIP Skype saat ini memiliki mengejutkan mencatat 400 juta pengguna account pada akhir 2008. Dengan meningkatnya ketersediaan layanan VOIP untuk telepon selular tampak seperti bila adopsi dari VOIP akan terus berkembang pesat. Skype  ini telah menggunakan teknologi VOIP yang memungkinkan anda melakukan banyak aktivitas seperti mengirim data-data dengan lebih cepat, mudah dan akurat.

VoIP berhubungan erat dengan teknologi fantastis lainnya, Internet. Alih-alih mengirimkan sinyal lewat jaringan PSTN, baik berupa analog atau digital, aplikasi VoIP menggunakan SIP (Session Initiation Protocol), -sebuah variasi dari protokol standar-, untuk menciptakan paket data dan mengirimnya lewat jaringan yang sama dengan jaringan yang anda pergunakan untuk email dan surfing.

Dengan menggunakan paket data, sebuah teknologi dapat digunakan untuk membawa lebih dari sekedar suara mono yang dilakukan oleh telepon jaman dulu. VoIP mampu membawa data teks, gambar, live video dan stereo sound berkualitas tinggi, tentunya tergantung dari seberapa besar bandwitdh anda.

Tinggalkan komentar